Martial Arts Journey: Maenpo Cikalong 2. lihatlah dunia lebih luas!

Bismillahirrohmanirrohim...
ini adalah catatan saya selama kurang lebih seminggu berlatih maenpo cikalong di bulan April 2012. bertempat di Kota Semarang. bersama RH Aziz Asy'asie, atau kami memanggil beliau, Abah..



Ada yang unik dari latihan cikalong periode kedua ini. pertama, muridnya tambah banyak. kedua, saya makin kagum dengan warisan nenek moyang bangsa ini, khususnya dari cianjur. ketiga, teman teman saya akhirnya banyak yang ikutan cikalong karena saya kompor komporin. hehehe... kisah kisah "aikido" dari cianjur ini seakan tidak habis jika dituturkan...
The Soft Way

cerita saya kali ini adalah cerita tentang "pertobatan" banyak praktisi beladiri kepada maenpo cikalong.  ketika sedang mengobrol santai. ada salah satu peserta latihan namanya mas edi. ia bercerita bahwa selama ini ia belajar beladiri ini itu sampai ke jepang! ia adalah ban Hitam shorinji kempo dan aikido. namun dengan mudahnya dilipat lipat dan terjatuh oleh abah aziz tanpa ia tahu sebabnya. dan ketika mas edi tahu caranya, reaksinya sama pada umumnya orang yang baru tahu akan teknik "rahasia" cikalong: tertawa terpingkal pingkal. kenapa? jawabanya, "kok saya gak tau ada cara sesederhana itu."

lain lagi cerita praktisi karate yang bertahun tahun menggeluti karate. beliau terobsesi akan power karate dan speed dari karate. beliau berlatih pukulan karate ribuan kali dengan beban 3 kilo ditangan untuk mencari speed. namun dalam sesaat abah aziz memberitahu rahasia kecepatan pukulan dalam maenpo cikalong. ia cuma berkomentar, "wah, aku diapusi wong Jepang kie!"

teman saya, juga penasaran dengan rahasia  pukulan satu incinya bruce Lee. mencari cari dan mencoba coba. namun dalam sesaat, abah aziz memberitahukan rahasianya. dan hasilnya? ia terpental cukup jauh akibat pukulan satu incinya abah aziz. dalam hati saya bertanya tanya. apa Bruce Lee pernah berlatih cikalong? hahaha. rasanya mustahil, apalagi cikalong sampai tahun 2006 adalah silat tertutup dan hanya diajarkan kepada keturunan bangsawan cianjur.

para praktisi beladiri tersebut yang saya temui. semuanya bermuara pada kesimpulan bahwa memang ternyata silat, bagaikan lautan tak bertepi. yang tak habis digali. ada 800 aliran lebih silat di negeri ini. namun bangsa ini, terutama anak mudanya, begitu asing dengan beladiri ini. memang mempelajari beladiri lain tidaklah salah, bahkan itu sangat baik dan memperluas wawasan kita. namun yang salah adalah, menutup mata akan warisan luar biasa dari leluhur bangsa ini. termasuk maenpo cikalong, yang betul betul logis, tanpa khodam apapun, dan murni pengetahuan yang amat dalam akan konstruksi tubuh manusia, persepsi manusia, dan psikologi yang diputar balikkan dengan mudahnya oleh para jagoan cikalong.

"kalau ada orang yang baru melihat kolam renang, maka ia akan berpikir bahwa kumpulan air terbesar adalah kolam renang tersebut, namun jika ia berjalan dan melihat lautan. maka ia akan tersadar bahwa ia belum banyak melihat dunia.." anonym

wah! ternyata sayalah yang belum banyak melihat dunia...

Berlatih di Undip

3 komentar:

  1. mantabzzz jaya dah maenpo cikalong,,, mantabszz jaya buat abah azis,,,
    www.warungesoteris.com

    BalasHapus
  2. lestarikan budaya Indonesia,,silat salah satunya

    BalasHapus
  3. Website Resmi Kampung Buah Cikalong : https://www.kampungbuahcikalong.co.id/

    BalasHapus