Bandung: Paris Van Java

sebelum romadhon taun 2011 lalu, saya sempet jalan jalan ke bandung. ini catetannya..

bandung, kota kembang, paris van java. dengan segudang cerita orang yang mempesona. kali ini ane berangkat kesono sendirian, naik kereta parahyangan dengan harga tiket 30ribu. dari stasiun bekasi sekitar jam 6 pagi. nunggu sebentar di peron 4 dan naik deh.

awalnya sih di jalan ngantuk ngantuk, tapi begitu jalan lepas dari stasiun Purwakarta, ane langsung melek. gimana enggak, jalannya itu men! keren bener! pernahkah ente pade ngeliat "ular besi" merayap di sepanjang pegunungan? berkelok kelok, di samping ngarai dan persawahan hijau membentang? belum lagi kabut yang meningkahi perjalanan, gunung gunung yang berdiri gagah di sekeliling. dan subhanalloh... berkali kali si ular besi menyebrang antar gunung melewati jembatan, di sampingnya jurang yang dalam, sendirian... wah... sungguh pemandangan yang indah...


ane nyampe jam 9 tepat. awalnya janjian sama 2 temen ane, baruna & wiwid, di stasiun leuwipanjang. berbekal info dari seorang bapak tua yang dengan senang hati nganter ane sampe di tempat nyegat bis damri, ane naik bis damri dengan selamat sampe ke... Terminal Leuwipanjang! lho...?

jadilah tempat ketemuan diganti jadi terminal leuwipanjang. ane SMS, mereka masih di Padalarang. waduh, masih jaoh. ane pun ngejogrog di pojokan terminal, mondar mandir, bulak balik, sampe pedagang rokok ama calo bis pada bubar gara gara ane mondar mandir aja di sekitar mereka. penantian ane berakhir di jam 11, ane liat dua sosok manusia berambut jagung celingukan nyariin ane. ane mindik mindik trus muncul di belakang mereka, Tada! hehehe...

oke, langsung aja kita nyari penginepan, buat ngaso. sebelomnya ane udah nyari info seputar penginapan di bandung, dapetlah Puri Tomat, di jalan juanda, arah dago atas. alhamdulillah dibantu sama Satriya, temennya Bek Dwi, ane nyampe dengan selamat kesono. naik bis damri lagi sekali, trus nyambung angkot sekali.

waduh! nyampe sono kaga taunya kamar udah penuh, tinggal kamar tipe yg bagus. ya udah, kita bertiga patungan 83 ribu buat nyewa kamar. lumayan bersih kamarnya.. aer panasnya nyala lagi. soalnya cuaca lumayan sejuk waktu itu.

kelar solat, mandi, dan bebenah diri, klayaban di Bandung pun dimulai! pertama, nyari makan siang, karena buta derah situ, kami berpikiran kalo makan di kampus mesti harganya lebih murah. setelah jalan sebentar, ketemu kampus, STKS BANDUNG, dengan pedenya masuk, jelas aja diliatin orang, la ane dengan style celana panjang batik kaos putih, runa dengan style celana jins digulung sedengkul ama topi, dan wiwid dengan celana pendek jinsnya petantang petenteng di kampus orang. lumayan dapet nasi uduk murah.. hehehe, kalo gak salah 7ribu aja.

kedua adalah.. Trans Studio! tujuan utama kami emang kemari. jam setengah 3 sore kita nyampe disono. setelah puyeng naek angkot. ngidernya bang kaga nahan! buset dah, jalan tinggal lempeng pake ngider kemana tau angkot bandung! tapi alhamdulillah nyampe juga.

karcis trans studio 150 ribu per orang. petualangan kami disana dimulai! wahana demi wahana kami naiki. tentu saja ane tetep kaga berani naek yang ekstrim ekstrim. ane lebih banyak diem disono, soalnya kaga napsu naek yang ekstrim ekstrim takutnya malah mabok. kekekek
Trans setudiyo
diontang antingin
abis capek maen di trans studio, jam 8 malam kami keluar. perut keroncongan.. bingung mau kemana, setelah berdiskusi sejenak akhirnya kita sepakat. ke gasibu!

malem itu juga kita tancep ke gasibu. sayang seribu sayang, sampe sono suasananya gelap, dan gak ada apa apa buat diliat. baru nyadar, gasibu ntu lapangan buat acara konser kan ya? hehe. daripada bingung kita milih jalan kaki sekitar situ, sampe nemu warung nasi goreng deket mall apaa gitu namanya, lupa. ngisi bensin dulu, buat ongkos jalan jalan... sepiring 7500 perak udah sama teh tawar. hehehe

udah kenyang nih! sekarang kemana? udah jam 9 lebih. si runa ngusulin buat ngayab ke jalan braga. ane pernah denger tuh nama jalan, katanya sih tempat nongkrong turis asing sama anak muda. si wiwid juga setuju. olrait, setelah tanya sana sini, kita tancep ke jalan braga!

alhamdulillah nyampe juga di jalan braga. suasana jalannya cukup ente bayangin kaya di kota lama semarang, dengan jalan paving blok batu, tapi lebih tertata dan lebih cozy. disana banyak banget turis asing ngidar ngider, anak muda yang lagi foto foto, tempat makan, tempat nongkrong (bukan WC lho ya). lampunya yang temaram, udara yang dingin, dan suasana Old yang kentel banget, wuih... mantep dah...
Jalan Braga

gak bosen bosen kami jalan disana, mengambil gambar sekeliling, sampe ke jalan asia afrika, balik lagi, trus nongkrong bangsa semenit dua menit di depan kafe yang mirip diskotik, yang pintunya terbuka lebar, sehingga dari luar kami bisa lihat suasana dalam kafe yang dipenuhi turis asing... hm... ane berasa bukan di Indonesia...

sadar sadar udah hampir jam 11 malem. waduh, gawat nih. padahal kami diperingatkan bahwa angkot terakhir adalah jam 11 malam. buru buru kami berjalan meninggalkan jalan braga, melintasi rel kereta, bertemu dengan gedung Bank Jawa Barat, lurus terus, tapi gak ketemu ketemu angkot. sempat berniat naik taksi, tapi si wiwid jalan terus, sampai bertemu hotel Hyatt. disana kita ketemu angkot.
"mang, ni ke jalan dago gak?" tanya wiwid ke sopir angkot.
"oh enggak a, kalo ke dago aa jalan aja lagi ke jalan yang di depan"
wah, musti jalan lagi? padahal udah lumayan jauh lho.. kaki udah lumayan gak berbentuk nih, udah mirip singkong bakar, hehehe...

jalan lagi! sampe ketemu lampu merah disana ada angkot! buru buru kita kejar, ternyata angkot positif ke jalan dago! Alhamdulillah.... sampe di hotel jam setengah 12 malem. si runa sempet ngajakin jalan lagi ke kafe sebelah, ternyata tutup, ya udah mending tidur, capek...

Day II

jam 10 pagi kami check out, setelah dapet makan pagi, dengan semangat reformasi kami berjalan. tujuan kali ini adalah cihampelas!

sebelomnya naek angkot dulu ke jalan Riau buat mesen tiket bis buat si Wiwid dan Runa. nah, setelah kelar. ngayab dah kita ke Cihampelas.

ciwalk
tujuan pertama adalah Ciwalk. konsep Mall yang artistik dan futuristik (halah). ada kali kecil yang isinya ikan mas di sepanjang jalanan dalam ciwalk, wah, ni kalo malem cocok buat tempat bedemenan nih..hehehe...

puas klabing (klayaban bingung) di ciwalk, lanjut ke daerah sekitar cihampelas. ane sama si Wiwid berasa nemenin emak emak shoping. si Runa belanja kaos dimari. emang sih, di sini surganya belanja. keluar masuk dari satu outlet ke outlet lain. lumayan lah, outletnya banyak patung patung unik, kaya superhero, artis, dll. si wiwid malah bilang, "run, mbok aku dikasih satu run..." hehe. dasar bocah pada gebleg...
cihampelas


puas belanja ampe si runa digodain maho jam setengah 2 siang kita cabut. soalnya jadwal bis wiwid jam 2 siang. ane ikut mereka dulu naik taksi ke depan jalan besar trus kami berpisah. setelah berpamitan dan saling berpesan agar hati hati, ane lanjut naik angkot ke stasiun Hall Bandung. beli tiket, ternyata tempat duduk habis! ya udah terpaksa beli tiket berdiri, mana jadwalnya jam 3 lagi. lumayan lah masih ada waktu buat menjamak sholat dan makan siang diluar... hehe..









jam 3 kurang, kereta Parahyangan bersiap berangkat. ane karena gak dapet tempat duduk segera aja  menuju bordes gerbong paling depan, membiarkan pintu terbuka, menggelar alas duduk koran, dan bersiap menikmati kembali pemandangan perjalanan pulang yang sungguh luar biasa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar